Abstrak tesis MPIPA

2013/2014
Periode IV September 2014
  1. Pengembangan Lks Inkuiri Terintegrasi Generik Sains (ITGS) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Di Sma Negeri 1 Aikmel. (Muhammad Nasir, Abstrak)
  2. Pengembangan Alat Peraga Kotak Energi Model Inkuiri Terbimbing (APKEMIT) Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. (Budiono Basuki, Abstrak)
  3. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Dan Efektivitasnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Serta Keterampilan Proses Sains Siswa MA Kelas XI. (St. Rahmadani, Abstrak)
  4. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. (Mardhika Surachman, Abstrak)
  5. Pegembangan Perangkat Pembelajaran Model 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berargumen Siswa. (Muh. Nasir, Abstrak)
  6. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. (Devi Qurniati, Abstrak)
  7. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah OPT. (Samsun Hidayat, Abstrak)
 
2013/2014
Periode III Juni 2014

  1. Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Muhammad Azhari Hasbi, Abstrak)
  2. Pengembangan Media Model Kemagnetan Bumi (MKB) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Peserta. (Didik Muh. Husnul Fikri, Abstrak)
  3. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Learning Cycle (LC) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa. (Musanni, Abstrak)
  4. Sifat Fisis Komposit Serat Batang Pisang (SBP) Sebagai Bahan Penyerap Bunyi. (Khusnul Khotimah, Abstrak)
  5. Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Lks Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. (Yuyu Sudarmini, Abstrak) 93
  6. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika. (Jamuri, Abstrak)
  7. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Teams Games Tournamen (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Pujut Lombok Tengah. (H. Sahnam, Abstrak)
  8. Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Lingkungan (MVBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Dasar Kognitif Dan Perilaku Positif Pada Lingkungan Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Selong Tahun Pembelajaran 2013/2014. (Widowati Anantasari, Abstrak)

2013/2014
Periode II Maret 2014
  1. Penerapan Media Poster Berbasis Inkuiri Dengan Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa SMP NEGERI 10 Mataram. (Lalu Jinade, Abstrak)
  2. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa. (Septiana Dwi Utami, Abstrak)
  3. Uji Aktivitas Antibakteri  Ekstrak Kencur (Kaempferia Galanga L) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Gram Positif Dan Gram Negatif. (Akhmad Haerazi, Abstrak)
  4. Pengembangan Media Animasi Dan Penilaian Efktivitasnya Terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Kediri. (Dewi Oktarini, Abstrak)
  5. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Pupuk Media Diatom Dan Pupuk KW21 Terhadap Kepadatan Populasi Dan Karakteristik Pertumbuhan (Doubling Time Dan Pertumbuhan Relatif) Tetraselmis sp. (Mukminah, Abstrak)
  6. Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Mms (Makroskopik Mikroskopik Simbolik) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Kimia Siswa SMK. (Wiwik Helni, Abstrak)

2013/2014
Periode I Desember 2013


  1. Pengaruh Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri (MTDKBI) Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Kecakapan Sosial, Sikap Ilmiah, Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMP KelaS IX. (Kurniawan Arizona, Abstrak)
  2. Aktivitas Antiplasmodium Ekstrak Metanol Daun Keluwih (Artocarpus Camansi) Pada Mencit (Mus Musculus) BALB/C Yang Diinfeksi Dengan Plasmodium Berghei. (Dimitry Arditya Harsya Priangga, Abstrak)
  3. Analisis Senyawa Fitosteol Dalam Ekstrak Buah Buncis (Phaseolus Vulgaris L). (Hilyatul Jannah, Abstrak)
  4. Pengembangan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 4 Praya. (Zar’atul Muhsinin, Abstrak)
  5. Uji Aktivitas Antimalaria Fraksi Senyawa Triterpenoid Dari Ekstrak Metanol Daun Artocarpus Camansi Pada Mencit Balb/C Yang Diinfeksi Oleh Plasmodium Berghei. (Ramdhani Sucilestari, Abstrak)
  6. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013. (Louisiana Muliawati, Abstrak)
  7. Analisis Senyawa Triterpenoid Dari Hasil Fraksinasi Ekstrak Air Buah Buncis (Phaseolus Vulgaris Linn). (Ragaya Abd.R. Balafif, Abstrak)
  8. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. (Nevi Ernita, Abstrak)
  9. Uji Antimalaria Senyawa Flavonoid dari Ekstrak Metanol Daun Artocarpus camansi Pada Mencit Balb/c. (Suci Murni, Abstrak)
  10. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Smp Dengan Pendekatan Life Skills. (Sugiman, Abstrak)
  11. Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. (Nariadi, Abstrak)

2012/2013
Periode September 2013

  1. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa SMKN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. (Desak Made Anggraeni, Abstrak)
  2. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash Dan Implementasinya Melalui Model 5E Untuk Meningkatkan Ketempilan Berpikir Kritis Dan Sikap Terhadap Sains. (Ellysabeth Usmiatiningsih, Abstrak)
  3. Pengembangan Media Tiga Dimensi Kapasitor (MTDK) Dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, Dan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMK. (Anwar Muhaimin, Abstrak)
  4. Analisa Senyawa Flavonoid Hasil Fraksinasi Ekstrak Daun Keluwih (Artocarpus Camansi). (Lilik Mariana, Abstrak)
  5. Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Buncis (Phaseolus Vulgaris L). (Nova Kurnia, Abstrak)
  6. Pengembangan Web Intranet Fisika Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMKN 2 Praya Tengah. (I Komang Yogi Sukmantara, Abstrak)
  7. Pengembangan Media Animasi Biologi Dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat Serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram. (Nurmaningsih, Abstrak)
  8. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Dan Komik Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Memiliki Motivasi Tinggi Dan Rendah Di SMA Negeri 8 Mataram. (Fatmi Marwatoen, Abstrak)
  9. Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Integrasinya Dengan Strategi Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. (Tri Sari Wijayanti, Abstrak)
  10. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. (I Gusti Ayu Suartini Gayatri, Abstrak)

2012/2013
Periode Juni 2013

  1. Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Kimia Berbasis Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Mengoptimalkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. (Diah Anggraeni, Abstrak)
  2. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. (Lalu Mardan Muliadi, Abstrak)
  3. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. (Evi Rosdiana, Abstrak)
  4. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMPN 1 Pringgarata. (Harwini, Abstrak)
  5. Penggaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Tak Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2012/2013. (Aspari, Abstrak)
  6. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Fisika Terhadap Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. (Agus Rosmanto, Abstrak)
  7. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Motivasi Belajar ( Penelitian Eksperimen Di SMAN 1 Praya Tahun Pelajaran 2010 / 2011. (Lalu Imron Tisnady, Abstrak)
2012/2013
Periode Maret 2013

  1. Pengaruh Penerapan Multimedia Presentasi Interaktif (MPI) Dan Strategi Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Kayangan 2011/2012. (Iwan Kurniawan, Abstrak)
 Periode Desember 2012
  1. Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dan Tipe Nht Ditinjau Dari Sikap Siswa Terhadap Biologi. (Haryani Sri Mardiyanti, Abstrak)
  2. Pengaruh Ekstrak Metanol Kunyit Putih (Curcuma Zedoaria) Dan SALMONELLA TYPHIMURIUM Terhadap Profil Hematologi Dan Koloni Bakteri Pada Limpa Mencit Balb/C M. Musculus. (Sri Novita Primawati, Abstrak)
  3. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Teams Games Tournaments (TGT) Pada Mata Pelajaran Fisika Ditinjau  Dari Motivasi Belajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Siswa. (Salman, Abstrak)
  4. Pengaruh  Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Strategi Replay Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Siswa. (Dedi Setiawan, Abstrak)

2011/2012
Periode Agustus 2012 

  1. Analisis Senyawa Tocopherol Dari Hasil Fraksinasi Ekstrak Etanol Daun Artocarpus Camansi (Alfina Mizriaty, Abstrak)
  2. Penerapan Media Kartu Teka-Teki Biologi Melalui Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa SMPN 5 Janapria (Dewi Rosaria, Abstrak)
  3. Pembelajaran Fisika Melalui Model Kooperatif Tipe Tai  Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Terhadap  Hasil Belajar Kognitif (Muhammad Satriawan, Abstrak)
  4. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Artocarpus Camansi  Terhadap Histologis, Fungsi Hati Dan Ginjal Mencit (Mus Musculus) (Nurma Sinanten, Abstrak)
  5. Analisis Toksikoorganologi Dan Fungsi Organ Hati Dan Ginjal Mencit (Mus Musculus) Pasca Pemberian Ekstrak Metanol Daun Kluwih (Artocarpus Camansi) (Maya Afrilyana, Abstrak)
  6. Analisis Senyawa Triterpenoid Hasil Fraksinasi Ekstrak Etanol Daun Artocarpus Camansi (Keluwih) (Nurhalidah, Abstrak)
  7. Pengembangan Media Animasi Submikroskopik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Representasi Siswa SMA (Ratna Azizah Mashami, Abstrak)
  8. Perbedaan Hasil Belajar Mata Kuliah Gelombang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Inquiri Ditinjau Dari Gaya Berpikir Mahasiswa Fisika (Syifa’ul Gummah, Abstrak)
  9. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Alat Optik Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Bq. Azmi Syukroyanti, Abstrak)
  10. Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar  Dan Sikap Ilmiah (Mulyadi, Abstrak)
  11. Pengembangan Modul Materi Larutan Penyangga Berbasis Paikem Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Selong (Nurlaila, Abstrak)
  12. Pengaruh “Malartamia” Sebagai Media Pembelajaran Kimia Melalui Strategi Team Game Tournament (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011 (Bakhtiar Ardiansyah, Abstrak)
  13. Pengaruh Penerapan Strategi Think Pair Share Dalam Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ipa (Fisika) Yang Menuntut Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuapi (M. Hari Nurhadi, Abstrak)

Periode Mei 2012
  1. Perbedaan Prestasi Belajar Kimia Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dan Keterampilan Proses (KP) Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa (Rediwati, Abstrak)
  2. Perbedaan Hasil Belajar Kimia Dasar Ii Mahasiswa Yang Diajarkan Melalui Perkuliahan Kooperatif Tipe Stad Dengan Perkuliahan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Gunawan Trianto, Abstrak)
Periode Pebruari 2012
  1. KEANEKARAGAMAN  BURUNG DI KAWASAN TATAR SEPANGKABUPATEN SUMBAWA BARAT (Muhamad Salamuddin Yusuf, Abstrak)
  2. PERBEDAAN GURU TERSERTIFIKASI DAN BELUM TERSERTIFIKASI DITINJAU DARI KOMPETENSI GURU IPA SMA KOTA MATARAM (Edy Susilo, Abstrak)
  3. PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI  DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Saiful Bahry, Abstrak)
  4. IMPLEMENTASI PENDEKATAN LEARNING CYCLE MELALUI STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 (Maad Adnan, Abstrak)
  5. PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN MEDIA PEMBELAJARAN PASANG TEMPEL TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI TAHUN PELAJARAN 2011 (Nora Listantia, Abstrak)
  6. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA (Fathul Jannah, Abstrak)
  7. EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MODULMATERI OPTIK GEOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE STAD PADA SISWA KELAS X SMAN I SAKRA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Abdul Kadir Alaydrus, Abstrak)

Periode Nopember 2011
  1. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI DAN HYPERCHEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL (Nunung Ariandani, Abstrak)
 
2010/2011 :

  1. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Linmas dan Minat Serta Hasil Belajar Kognitif SMPN 2 Mataram (Muhamad Saleh Sukiman; Abstrak)
  2. Kajian Pemanfaatan Rumput Laut Sargassum sp Teraktivasi Asam Sulfat pada Remediasi Tembaga Penambangan Emas Tradisional (Suriadi; Abstrak)
  3. Penerapan Pembelajaran Dengan Kartu Inkuiri Biologi Melalui Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Retensi Siswa SMPN 2 Mataram (Rubiyanto; Abstrak)

2009/2010 :

  1. Analisis fenol total dan uji aktivitas antioksidan dari buah sentul (Faizul Bayani; Abstrak)
  2. Efektivitas penggunaan multimedia pada pembelajaran fisika materi induksi elektromagnetik dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX di SMPN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2009/2010 (Yusuf AS; Abstrak)
  3. Uji anti mikroba ekstrak madu Apis porsata terhadap pertumbuhan mikroba yang diisolasi dari luka gangren penderita diabetes melitus (Abdul Muin; Abstrak)
  4. Pengaruh pemberian variasi konsentrasi ekstrak rimpang kunyit terhadap daya tahan simpan tahu (Fourin Indhira Megapratiwi; Abstrak)
  5. Pengembangan multimedia interaktif ekosistem mangrove dan implementasinya melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (Titi Haryati; Abtsrak)
  6. Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Suranadi Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati dan Penerapannya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Lalu Muhammad Supriadi; Abstrak)
  7. Sifat optik dan listrik polimer film PWA-HDPD (Saiful Prayogi; Abstrak)
  8. Sifat optik polimer film PUA-TEA-MB yang diradiasi sinar gamma (Ni Nyoman Sri Putu Verawati; Abstrak)