Sekilas Program Pascasarjana Unram

Sejarah PPs Universitas Mataram

Embrio berdirinya Program Pascasarjana Universitas Mataram diawali dengan diijinkannya membuka Program Studi Magister Manajemen di bawah struktur organisasi Fakultas Ekonomi Unram oleh Ditjen Dikti pada tahun 1999 dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 153/DIKTI/Kep/1999 tanggal 13 April 1999, tahun 2003 dibuka Program Studi Magister Ilmu Hukum di bawah struktur organisasi Fakultas Hukum dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 1877/D/T/2003 tanggal 13 Agustus 2003, tahun 2004 dibuka dua program studi yakni Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering di bawah struktur organisasi Fakultas Pertanian Unram dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 3066/D/T/2004 tanggal 9 Agustus 2004 dan Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan di bawah struktur organisasi Fakultas Peternakan Unram dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 3798/D/T/2004 tanggal 21 September 2004. Untuk pengelolaan yang lebih efektif, efesien, dan produktif; maka pada tanggal 8 September 2005 dengan SK Rektor Unram Nomor: 8251/J18.H/HK.01.11/2005 keempat program studi magister tersebut dikelola secara integrasi di bawah struktur organisasi Program Pascasarjana Universitas Mataram. Rentang periode 2005 - 2011 Ditjen Dikti telah memberi ijin pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Sains (2007), Magister Akuntansi (2009), Magister Ilmu Ekonomi (2009), Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (2009), dan Magister Teknik Sipil (2011). Pada tahun 2012 telah keluar ijin operasional dari Mendikbud c.q Dirjen Dikti untuk Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Pengelolaan integrasi penyelenggaraan pendidikan pasacasarjana di Universitas Mataram berpedoman pada semua aturan pendidikan tinggi yang diberlakukan oleh Ditjen Dikti, aturan Universitas Mataram, dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Program Pascasarjana Universitas Mataram yang ditetapkan dengan SK Rektor Unram Nomor : 9409/H18/HK/2007 tanggal 24 Juli 2007.

Motto : " KOMPETITIF, ADAPTIF, dan BERMUTU "

Visi :

"menjadi program pascasarjana terkemuka yang memenuhi standar akademik internasional untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi, mampu melakukan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat melalui dukungan kerjasama yang dilandasi nilai-nilai iman dan taqwa".

Misi :
  1. Mewujudkan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia yang menguasai iptek dan yang mendukung kemajuan pembangunan lokal, regional, dan nasional.
  2. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung terwujudnya universitas berbasis riset (research university).
Tujuan :
  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang baik, lancar, efisien, dan unggul.
  2. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menciptakan masyarakat ilmiah di kampus Universitas Mataram.
  3. Mengembangkan budaya riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya universitas berbasis riset.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain, baik di dalam maupun ke luar negeri dalam rangka peningkatan kinerja program secara berkesinambungan.
Sasaran :

Menghasilkan kualitas input,  kualitas proses pembelajaran,  dan output yang kompetitifadaptif dan berdaya saing tinggi,  melalui :
  1. meningkatkan kualitas input sesuai standar nasional, yakni skor TOEFL minimal 450 dan TPA standar BAPPENAS (sampai akhir 2015),  standar Asia (akhir 2020) dan standar internasional (akhir 2025);
  2. meningkatkan pelayanan pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan pascasarjana,  melalui penerapan Prosedur Operasional Baku (POB) Penjaminan Mutu Universitas Mataram;
  3. meningkatkan kualitas output sesuai Aturan Akademik yang ditetapkan Dikti,  BAN-PT,  BSNP,  dan Universitas Mataram yang dituangkan pada Buku Pedoman Penyelenggaraan Akademik Program Pascasarjana Unram;
  4. meningkatkan kualitas tesis mahasiswa dan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
  5. menyediakan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan dan proporsional kepada dosen pascasarjana dengan melibatkan mahasiswa pascasarjana;
  6. menyediakan sistem informasi yang mudah diakses mahasiswa dan pemangku kepentingan (stakeholders) melalui internet dan berbasis Web;
  7. meningkatkan tata kelola aset, manajemen administrasi umum,  dan manajemen keuangan,  sesuai POB yang ditetapkan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Unram.
Program Studi :

Program Pascasarjana Universitas Mataram saat ini memiliki 10 (sepuluh) Program Studi, yakni:
  1. Doktor Ilmu Hukum (DIH)
  2. Magister Manajemen (MM)
  3. Magister Ilmu Hukum (MIH)
  4. Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering (MPSLK)
  5. Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan (MMSP)
  6. Magister Pendidikan Sains (MPS)
  7. Magister Akuntansi (MAKSI)
  8. Magister Ilmu Ekonomi (MIE)
  9. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPB-Ind)
  10. Magister Teknik Sipil (MTS)
  11. Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPB-Ing)
  12. Magister Administrasi Pendidikan (MAP)
  13. Magister Kenotariatan (MKN)
Saat ini Program Pascasarjana Unram juga masih menunggu kelayakan operasional untuk 3 (tiga) program studi doktor (mandat), yakni: Program Doktor Ilmu PertanianProgram Doktor Ilmu Peternakan,  dan Program Doktor Ilmu Ekonomi & Bisnis.

Dari 13 program studi yang telah ada mempunyai 29 Konsentrasi/Minat studi, selengkapnya dapat dilihat pada Menu MINAT STUDI.

Data Mahasiswa :
Perkembangan data mahasiswa sampai Wisuda I (Periode November) Tahun Akademik 2009/2010 dapat dilihat pada Statistik PPs.

Sekretariat :
Program Pascasarjana Universitas Mataram
Jalan Pemuda 35 Mataram 83125
Phone : +62-370-6684316 dan 646919
Facsimile : +62-370-646919
Email :
pps_unram@yahoo.com,  pasca@unram.ac.id
Website :
www.pascasarjana-unram.blogspot.com/2009/07/welcome.html