Minimal ada tiga tantangan dunia pendidikan di Indonesia, yaitu (1) Kebijakan yang memberikan keluasan wewenang dan tanggung jawab terhadap lembaga pendidikan dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk terciptanya tata kelola yang baik pada semua jenjang dan satuan pendidikan. (2) Perkembangan global dalam berbagai bidang yang menuntut peningkatan mutu pendidikan, dan (3) perubahan sistem pengelolaan pendidikan nasional dari sentralisasi ke desentralisasi. Sejalan dengan tantangan tersebut, maka posisi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) menjadi sangat strategis yang menuntut kompetensi yang semakin tinggi
Sesuai dengan visi dan misinya UNRAM terus berupaya untuk meningkatkan perananya dalam pembangunan di NTB, antara lain menghasilkan lulusan yang berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran, , penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan dukungan kerjasama yang dilandasi oleh nilai-nilai Imtaq”.
Dalam kaitan dengan visi misi tersebut, Program Studi Magister (S-2) Administrasi Pendidikan dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan No. 30/E/O/2013, tanggal 31 Januari 2013. Melalui program studi ini diharapkan UNRAM lebih mampu untuk menyiapkan tenaga profesional yang mampu mengelola lembaga pendidikan. Melalui program studi ini diharapkan munculnya kepala sekolah, pengawas, guru, dan tenaga pendidikan lainnya dari berbagai instansi pemerintah dan swasta yang handal dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.
Visi
Menjadi Program Magister Adminsitarasi Pendidikan yang bermutu tinggi, menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing, berdedikasi, dan bermartabat.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang handal dan profesional di bidang administrai pendidikan dengan landasan teori, praktik.
Melaksanakan penelitian/pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada lembaga pendidikan secara berkualitas tentang pengelolaan dan manajemen pendidikan untuk menunjang pembangunan bidang pendidikan yang berkualitas.
Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
Meningkatkan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai untuk meningkatkan kualitas dalam mencapai tujuan pendidikan.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memilliki sikap dan perilaku berkarya yang positif seperti disiplin, bersemangat, bertanggung jawab, akuntabel, kreatif, inovatif, jujur, bersahabat, terbuka, cinta kebenaran serta terampil dalam memecahkan masalah manajemen pendidikan secara ilmiah.
Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk mengelola dan memimpin organisasi pendidikan baik di kantor atau di sekolah secara profesional.
Menghasilkan tenaga profesional di bidang administrasi pendidikan, yang dapat mengaplikasikan keahliannya dalam bidang pendidikan, baik secara formal maupun nonformal.
Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji, melaksanakan, dan mengabdikan ilmunya demi perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.
Kemampuan mengembangkan keahlian secara profesional dalam bidang administrasi pendidikan
Kemampuan melaksanakan dan menerapkan sistem administrasi pendidikan di lembaga pendidikan secara efektif dan profesional.
Kemampuan untuk melakukan pemecahan masalah tentang administrasi pendidikan secara ilmiah di sekolah, dinas pendidikan dan lembaga lainnya yang terkait.
Kemampuan untuk memberikan pemikiran dan kebijakan yang efektif dan efesien tentang administrasi pendidikan.
Kemampuan untuk memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan temuan penelitian sebagai kebijakan dalam pembangunan pendidikan.
D. KURIKULUM
No
|
Nama Matakuliah
|
SKS
|
SMR
|
1.
|
Filsafat Ilmu
|
2
|
1
|
2.
|
Metodelogi Penelitian Pendidikan
|
3
|
1
|
3.
|
Analisis data kuantitatif
dan kualitatif
|
2
|
2
|
4.
|
Teori Manajemen
|
2
|
2
|
5.
|
Problematikan Pendidikan dan
Pembelajaran di Indonesia
|
3
|
2
|
6.
|
Pengembangan kebijakan
Pendidikan
|
2
|
1
|
7.
|
Assesmen Kebutuhan &
Perencanaan Pendidikan
|
2
|
1
|
8.
|
Manajemen & Akreditasi
Sistem Pendidikan
|
2
|
2
|
9.
|
Perilaku Kepemimpinan &
Perilaku organisasi
|
3
|
2
|
10.
|
Manajemen SDM &
Personalaia Pendidikan
|
2
|
2
|
11.
|
Manajemen Strategik Dalam
Pendidikan
|
2
|
1
|
12.
|
Manajemen Pembiayaan
Pendidikan
|
2
|
3
|
13.
|
Model Pembinaan dan
Supervisi pembelajaran
|
2
|
3
|
14.
|
Hubungan Lembaga Pendidikan
dengan Masyarakat
|
2
|
3
|
15.
|
Perencanaan dan Pelekasanaan
Program Diklat
|
2
|
3
|
16.
|
Perencanaan dan
Penyelengggaraan Pendidikan
|
3
|
3
|
17.
|
Tesis
|
4
|
4
|
18.
|
Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL)
|
2
|
4
|
19.
|
Bahasa Inggris
|
0
|
1
|
20.
|
Penulisan Karya Ilmiah
|
0
|
2
|
21.
|
Persiapan seminar proposal
Tesis/Konprehensif
|
0
|
3
|
JUMLAH
|
42
|
13
|
D. STAF PENGAJAR
Staf pengajar pada Program Studi Administrasi Pendidikan adalah staf pengajar dari Universitas Mataram dan dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Negeri Malang (UM). Daftar nama-nama staf pengajar sebagai berikut :
No
|
Nama
|
1.
|
Dr. Wildan
|
2.
|
Dr. H. Sudirman, M.Pd
|
3.
|
Drs. HM. Husni Muadz,
MA., Ph. D
|
4.
|
Dr. H. Rusdiawan
|
5.
|
Ir. I Gde Ekaputra
Gunartha, M.Sc., Ph.D
|
6.
|
Dr. Aos Santosa H
|
7.
|
Dr. Edy Herianto, M.Ed
|
8.
|
Dr. Syahdan, M.Ed
|
9.
|
Dr. Nyoman Seridana
|
10.
|
Prof. Dr. Yatim Rianto
|
11.
|
Prof. Dr. Ir Mudjiarto,
M.Sc
|
12.
|
Prof. Dr. H. Murtado
|
13.
|
Dr. Wahyudi
|
14.
|
Prof. Dr. I Made Pidarta
|
15.
|
Dr. Hirsanuddin
|
16.
|
Dr. H. Mansur Afifi
|
17.
|
Sulhaini, SE., M.Sc., Ph.D
|
18.
|
Drs. Hermanto, MBA., DBA
|
19.
|
Dr. Azrin
|
20.
|
Baharuddin, M.Hum.
|
E. PERSYARATAN PESERTA
- Peserta memiiki ijazah sarjana (S-1) dalam semua disiplin ilmu yang diperoleh dari perguruan tinggi negeri/swasta baik dalam maupun luar negeri yang terakreditasi dan bukan diperoleh melalui kelas jauh.
- Mengisi Formulir pendaftar yang dilengkapi dengan:
- Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah disyahkan
- Pas foto warna ukuran 3 x 4 cm dan 4 x 6 cm mmasing-masing 4 lembar
- Menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran
- Lulus ujian Tulis (Test Potensi Akademi/TPA)
No
|
Komponen Pembiayaan
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Pendaftaran
|
750.000,-
|
2.
|
Matrikulasi
|
1.500.000,-
|
3.
|
SPP per
semester
|
5.000.000,-
|
4.
|
SPI (
sekali selama kuliah)
|
3.000.000,-
|
- Kampus FKIP Universitas Mataram, Lantai 1 Gd C Jln. Majapahit No. 62 Mataram - NTB
- Waktu Pendaftaran : 20 Februari – 20 Maret 2013
Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja, mulai Pukul 15.00 WITA - Test Masuk akan dilakukan pada minggu ke - 4 Bulan Maret 2013
F. KALENDER AKADEMIK
- Kuliah semester Genap: Maret – Agustus
- Kuliah Semester Ganjil: September - Februari
G. WAKTU PERKULIAHAN
Perkuliahan dilakukan sore hari, mulai jam 16.00 - 21.00 Wita pada setiap hari Jumat, Sabtu, kecuali hari Minggu mulai jam 09.00 – 12.00 Wita
H. KONTAK PERSON
Dr. Wildan ( HP. 081339549044, Email: wildan fkip@yahoo.co.id)