Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

A. PENDAHULUAN

Minimal ada  tiga tantangan dunia pendidikan di Indonesia, yaitu  (1) Kebijakan  yang memberikan keluasan wewenang dan tanggung jawab terhadap lembaga pendidikan dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk  terciptanya tata kelola yang baik pada semua jenjang dan satuan pendidikan.  (2)  Perkembangan global dalam berbagai bidang  yang menuntut peningkatan mutu pendidikan, dan (3)  perubahan sistem  pengelolaan pendidikan nasional  dari sentralisasi ke desentralisasi. Sejalan dengan  tantangan tersebut, maka posisi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) menjadi sangat strategis yang menuntut  kompetensi yang semakin tinggi
Sesuai dengan visi dan misinya UNRAM terus berupaya untuk meningkatkan perananya dalam pembangunan di NTB, antara lain menghasilkan lulusan yang berkualitas  melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran, , penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan dukungan kerjasama yang dilandasi oleh nilai-nilai Imtaq”.
Dalam kaitan dengan visi misi tersebut, Program Studi Magister (S-2) Administrasi Pendidikan dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti  Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan No. 30/E/O/2013, tanggal  31 Januari  2013.  Melalui program studi ini diharapkan UNRAM lebih mampu untuk menyiapkan tenaga profesional yang mampu mengelola lembaga pendidikan. Melalui program studi ini diharapkan  munculnya kepala sekolah, pengawas, guru, dan tenaga pendidikan lainnya dari berbagai instansi pemerintah dan swasta yang handal dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

B. VISI, MISI, TUJUAN 

Visi
Menjadi Program Magister Adminsitarasi Pendidikan yang bermutu tinggi, menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing,  berdedikasi, dan bermartabat.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang handal dan profesional di bidang administrai pendidikan dengan landasan teori, praktik.
Melaksanakan penelitian/pengkajian  dan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada lembaga pendidikan secara berkualitas  tentang pengelolaan dan manajemen pendidikan untuk menunjang pembangunan bidang pendidikan yang berkualitas.
Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
Meningkatkan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai untuk meningkatkan kualitas dalam mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memilliki sikap dan perilaku berkarya yang positif seperti disiplin, bersemangat, bertanggung jawab, akuntabel, kreatif, inovatif, jujur, bersahabat, terbuka, cinta kebenaran  serta terampil dalam memecahkan masalah manajemen pendidikan secara ilmiah.
Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk mengelola dan memimpin organisasi pendidikan baik di kantor atau di sekolah secara profesional.
Menghasilkan tenaga profesional di bidang administrasi pendidikan, yang dapat mengaplikasikan keahliannya dalam bidang pendidikan, baik secara formal maupun nonformal.
Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji, melaksanakan, dan mengabdikan ilmunya demi perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

C. KOMPETENSI LULUSAN 

Kemampuan mengembangkan keahlian secara profesional dalam bidang  administrasi pendidikan
Kemampuan melaksanakan dan menerapkan sistem administrasi pendidikan di lembaga pendidikan secara efektif dan profesional.
Kemampuan untuk melakukan pemecahan masalah tentang administrasi pendidikan secara ilmiah di sekolah, dinas pendidikan dan lembaga lainnya yang terkait.
Kemampuan untuk memberikan pemikiran dan kebijakan yang efektif dan efesien tentang administrasi pendidikan.
Kemampuan untuk memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan temuan penelitian sebagai kebijakan dalam pembangunan pendidikan.

D. KURIKULUM
No
Nama Matakuliah
SKS
SMR
1.
Filsafat Ilmu
2
1
2.
Metodelogi Penelitian  Pendidikan
3
1
3.
Analisis data kuantitatif dan kualitatif
2
2
4.
Teori Manajemen
2
2
5.
Problematikan Pendidikan dan Pembelajaran di Indonesia
3
2
6.
Pengembangan kebijakan Pendidikan
2
1
7.
Assesmen Kebutuhan & Perencanaan Pendidikan
2
1
8.
Manajemen & Akreditasi Sistem Pendidikan
2
2
9.
Perilaku Kepemimpinan & Perilaku  organisasi
3
2
10.
Manajemen SDM & Personalaia Pendidikan
2
2
11.
Manajemen Strategik Dalam Pendidikan
2
1
12.
Manajemen Pembiayaan Pendidikan
2
3
13.
Model Pembinaan dan Supervisi pembelajaran
2
3
14.
Hubungan Lembaga Pendidikan dengan Masyarakat
2
3
15.
Perencanaan dan Pelekasanaan Program Diklat
2
3
16.
Perencanaan dan Penyelengggaraan Pendidikan
3
3
17.
Tesis
4
4
18.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
2
4
19.
Bahasa Inggris
0
1
20.
Penulisan Karya Ilmiah
0
2
21.
Persiapan seminar proposal Tesis/Konprehensif
0
3

JUMLAH
42
13

D. STAF  PENGAJAR

Staf pengajar pada Program Studi Administrasi Pendidikan adalah staf pengajar dari Universitas Mataram dan dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Negeri Malang (UM). Daftar nama-nama staf pengajar sebagai berikut :
No
Nama
1.
 Dr. Wildan
2.
 Dr. H. Sudirman, M.Pd
3.
 Drs. HM. Husni Muadz, MA., Ph. D
4.
 Dr. H. Rusdiawan
5.
 Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M.Sc., Ph.D
6.
Dr. Aos Santosa H
7.
Dr. Edy  Herianto, M.Ed
8.
Dr. Syahdan, M.Ed
9.
Dr. Nyoman Seridana
10.
Prof. Dr. Yatim Rianto
11.
Prof. Dr. Ir  Mudjiarto, M.Sc
12.
Prof. Dr. H. Murtado
13.
Dr. Wahyudi
14.
Prof. Dr. I Made Pidarta
15.
Dr. Hirsanuddin
16.
Dr. H. Mansur Afifi
17.
Sulhaini, SE., M.Sc., Ph.D
18.
Drs. Hermanto, MBA., DBA
19.
Dr. Azrin

20.
Baharuddin, M.Hum.

E. PERSYARATAN  PESERTA
  1. Peserta memiiki ijazah sarjana (S-1) dalam semua disiplin ilmu yang diperoleh dari perguruan tinggi negeri/swasta baik dalam maupun luar negeri yang terakreditasi dan bukan diperoleh melalui kelas jauh.
  2. Mengisi Formulir pendaftar yang dilengkapi dengan:
    1. Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah disyahkan
    2. Pas foto warna ukuran 3 x 4 cm dan 4 x 6 cm mmasing-masing 4 lembar
    3. Menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran
  3. Lulus ujian  Tulis (Test  Potensi Akademi/TPA)
 F. BIAYA PENDIDIKAN
No
Komponen Pembiayaan
Jumlah (Rp)
1.
Pendaftaran
750.000,-
2.
Matrikulasi
1.500.000,-
3.
SPP per semester
5.000.000,-
4.
SPI ( sekali selama kuliah)
3.000.000,-

G. TEMPAT DAN WAKTU PENDAFTARAN 
  1. Kampus FKIP Universitas Mataram, Lantai 1 Gd C Jln. Majapahit No. 62 Mataram - NTB
  2. Waktu Pendaftaran : 20  Februari – 20 Maret 2013
    Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja, mulai Pukul 15.00 WITA
  3. Test Masuk akan dilakukan pada minggu ke - 4 Bulan Maret 2013

F. KALENDER AKADEMIK
  1. Kuliah semester Genap: Maret – Agustus
  2. Kuliah Semester Ganjil:  September -  Februari

G. WAKTU  PERKULIAHAN

Perkuliahan dilakukan sore hari, mulai jam 16.00 -  21.00 Wita pada setiap hari Jumat, Sabtu, kecuali hari Minggu mulai jam 09.00 – 12.00 Wita

H. KONTAK PERSON

Dr. Wildan  ( HP. 081339549044,  Email: wildan fkip@yahoo.co.id)