Abstrak Tesis MMSP


2011/20122010/20112009/20102008/20092007/20082006/2007

2013/2014
Periode IV September 2014

  1. Analisa Mekanisme Ketahanan Sosial Peternak Dalam Beradaptasi (Perubahan Iklim) Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Tangga Peternak Di Desa Pandan Wangi Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. (Assairul Kabir, Abstrak)
  2. Kajian Ekonomi Tentang Penerapan Karamba Jaring Apung (KJA) Dalam Budidaya  Lobster (Panulirus Sp Di Kota Mataram). (Mulyadi, Abstrak)
  3. Keragaan Ekonomi Usaha Pembibitan Sapi Berbasis Kelompok Di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. (Dwi Octaviana, Abstrak)

2013/2014
Periode III Juni 2014

  1. Nanalisa Ekonomi Usaha Ternak Sapi Potong Program Kredit Ternak Sejahtera (KTS) Di Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur. (Hairudin, Abstrak)
  2. Efektifitas  Kinerja Kelompoktani Ternak  Sapi  Binaan Jica (Japan International Cooperation Agency) Dalam Meningkatkan Produktivitas Ternak Dan Pendapatan Peternak Di Kabupaten Lombok Timur.. (Darajata, Abstrak)
  3. Analisis Kinerja Kemitraan Ud.Baura Dan Ud.Vercase Dengan Nelayan Dalam Agribisnis Perikanan Tangkap Di Kabupaten Lombok Timur. (Oktova Mala Putra, Abstrak)
  4. Heterosis Dan Pola Pewarisan Sifat Pada Hibridisasi Ikan Lele Sangkuriang Dengan Ikan Lele Masamo Dan Resiprokalnya. (Muhammad Saleh Efendi, Abstrak)
  5. Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Rumput Laut Jenis Gracilaria SP. Pada Tambak Di Kabupaten Lombok Barat. (Selamet Riady, Abstrak)

2013/2014
Periode II Maret 2014
  1. Analisa Kelayakan Usaha Kambing Peranakan Ettawah Di Kabupaten Lombok Utara (Study Kasus Di Desa Genggelang). (Rusdianto, Abstrak)
  2. Analisis Nilai Tambah Pemasaran Ayam Broiler Di Kabupaten Lombok Utara. (Sukandar, Abstrak)
  3. Status Keberlanjutan Sistem Budidaya Sapi Potong Untuk Mendukung Pengembangan Peternakan Di Kabupaten Sumbawa Barat. (Satria Utama, Abstrak)
  4. Produksi Dan Pendapatan Nelayan Penerima Bantuan Sarana Penangkapan Ikan Programpemerintah Di Kabupaten Sumbawa Barat. (Noto Karyono, Abstrak)


2012/2013
Periode I Desember 2013
  1. Kajian Beberapa Aspek Kelayakan Usaha Pembesaran Ikan Bawal Bintang (Tranchinotus Blochii) Pada Keramba Jaring Apung Di Balai Budidaya Laut Lombok. (Herman Afriani, Abstrak)
  2. Analisa Usaha Peternakan Ayam Arab Dan Ayam Pejantan Di Kota Mataram. (Muh. Prasetyo Nugroho, Abstrak)
  3. Srtuktur Dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Di Kota Mataram Intisari. (Ida Ayu Ketut Martini, Abstrak)
  4. Analisis Sistem Pemasaran Sapi Potong Di Kabupaten Lombok Utara. (Mardan, Abstrak)
  5. Dampak Program Bantuan Pinjaman Langsung Masyarakat (BPLM) Terhadap Peningkatan Status Pemilikan Ternak Sapi Di Kabupaten Sumbawa Barat. (Amiruddin, Abstrak)
  6. Studi Teknik Produksi Dan Pendapatan Usaha Ternak Sapi Pada Sistem Ekstensif Dan Semi Intensif Di Kecamatan Labuhanbadaskabupaten Sumbawa. (Supriyadi, Abstrak)

2012/2013
Periode September 2013
  1. Fektifitas Antioksidan Likopen Pada Buah Tomat (Lycopercisum Esculentum) Terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Bali Hasil Sexing Dengan Metode Swim Up. (Syuhriatin, Abstrak)
  2. Kloning Gen Penyandi Enzim Laktat Dehidrogenase (pLDH) Dari Genom Plasmodium Falciparum Strain Lokal Sebagai Model Produksi Enzim Rekombinan. (Alimuddin, Abstrak)
  3. Kecernaan Pakan, Dinamika Fermentasi Rumen, dan Fisiologi Sapi Bali Betina Dewasa. (Ni Nengah Bagiastrini, Abstrak)
  4. Pengaruh Kualitas Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Pre-Pubertal Sapi Bali Betina. (Fahrul Irawan, Abstrak)
  5. Peran Pola Manajemen Pemberdayaan Kelompok Tania lam Meningkatkan Pendapatan Petani Di Kabupaten Sumbawa. (Syahri, Abstrak)
  6. Analisis Pendapatan Nelayan Dan Saluran Pemasaran Ikan Mujair Danau Lebo Di Kabupaten Sumbawa Barat. (Arjuna, Abstrak)

2012/2013
Periode Juni 2013
  1. Pengembangan Model Penyidaan Pakan Ternak Ruminansia Di Lahan Kering Melalui Pola Integrasi Tanamian Pangan Dengan Legum Pohon Di Timor Leste Carlos Antunes. (Amaral, Abstrak)
  2. Efektivitas Metode Kolom Albumin Sebagai Medium Separasi Untuk Mengubah Rasio Alamiah Spermatozoa Sapi Bali pembawa Kromosom X dan Y pada Waktu Inkubasi Berbeda. (Burhan, Abstrak)
  3. Kaman Aspek Ekonomi Dan Dinamaika Kelompok Usaha Pembibitan Sapi Potong Di Kabupaten Lombik Barat. (Wiwik Suhartikningsih, Abstrak)
2012/2013
Periode Maret 2013
  1. Kajian Potensi Dan Strategi Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Di Kabupaten Lombok Utara. (I Wayan Suartana, Abstrak)
  2. Strategi Pengembangan Ternak Sapi Di Kabupaten Lombok Utara Dalam Rangka Mendukung Program Bumi Sejuta Sapi (BSS). (Rusli Hamdi, Abstrak)
  3. Kajian Beberapa Aspek Kelayakan Usaha Pembesaran Ikan Bawal Bintang (Tranchinotus blochii) Pada Keramba Jaring Apung Di Balai Budidaya Laut Lombok. (Santika, Abstrak)

Periode Desember 2012
  1. Analisa Pendapatan Usaha Jasa Pemotongan Ayam Di Mataram. (Marianah, Abstrak)
  2. Analisis Usaha Penyamakan Kulit Dan Kerajinan Kulit Samak (Pakaian Kuda) Di Kabupaten Lombok Tengah. (Sri Mulfaini, Abstrak)
  3. Peran Program Sarjana Membangun Desa (Smd) Dalam Meningkatkan Produktivitas Ternak Dan Pendapatan Peternak Di Kabupaten Lombok Timur. (Juhur, Abstrak)
  4. Optimalisasi Usaha Tani Sistem Integrasi Tanaman Jagung Dan Ternak Sapi Di Desa Wanasaba Lauq Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. (Moh.Suhairi, Abstrak)
  5. Keragaan Ekonomi Usaha Penggemukan Sapi Potong Berbasis Kelompok Di Kabupaten Lombok Barat. (Yuyun Umi Kalsum, Abstrak)
  6. Analisa Sistim Budidaya Dan Pemasaran Pada Usaha Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. (Badarudin, Abstrak)

2011/2012
Periode Agustus 2012
  1. Pengembangan Agribisnis Perikanan Tangkap Di Kabupaten Sumbawa. (Farhan, Abstrak)
  2. Kelayakan Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (Sabara Putra, Abstrak)
  3. Studi Tentang Peranan Bantuan Sarana Penangkapan Ikan Program Pemerintah Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Sumbawa Barat. (Slamet Riadi, Abstrak)
  4. Kontribusi Usaha Ternak Kambing Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Peternak Kambing Di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. (Lalu Hasan Rahman, Abstrak)
  5. Karakteristik Dan Komposisi Kimia Keju Gouda Dengan Penambahan Laktobacillus Casei Sebagai Starter Probiotik Selama Pemeraman. (Firmansah, Abstrak)
  6. Strategi Pengembangan Agribisnis Iican Air Tawar Dikabupaten Sumbawa Barat. (Rinto Basuki, Abstrak)
Periode Mei 2012
  1. Analisis Risiko Finansial Agribisnis Ayam Broiler Pola Kemitraan Contract Farming Pada Peternak Plasma Di Kabupaten Lombok Timur (Muksin, Abstrak)
  2. Kajian Aspek Ekonomi Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Lobster ( Panulirus Longipes ) Sistem Kja Di Perairan Teluk Ekas Kabupaten Lombok Timur. (Qudratullah Fauzi, Abstrak)
  3. Analisis Ekonomi Budidaya Ikan Nila ( Oreochromis Niloticus ) Dalam Karamba Di Kota Mataram. (Lalu Alwan Basri, Abstrak)
Periode Pebruari 2012
  1. SISTEM PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEMBUDIDAYA LEBAH MADU (A.CERANA) BERBASIS KELOMPOK DI KABUPATEN LOMBOK UTARA (Dian Octaviana Said, Abstrak)
  2. PROSPEKTUS PETERNAKAN SAPI HISSAR DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT (Iwan Irawan, Abstrak)

Periode Nopember 2011
  1. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERFORMANS USAHA PETERNAKAN AYAM PEDAGING POLA KEMITRAAN DAN MANDIRI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (Suryatman Wahyudi, Abstrak)

2010/2011
Periode Pebruari 2011
  1. PENGARUH PEMANFAATAN DANA EKONOMI PRODUKTIF (DEP) DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR (PEMP) TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MASYARAKAT PESISIR DI KOTA MATARAM (Akmaldin, Abstrak)
Periode Nopember 2010
  1. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Di Kecamatan Lembar (Lalu Hamdi; Abstrak)

2009/2010:
  1. Analisis aktivitas dan pendapatan pemburu madu di Kabupaten Sumbawa (Sudarli; Abstrak)
  2. Analisis pendapatan dan efisiensi usaha sapi penggemukan di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat (Sudirman; Abstrak)
  3. Analisa pengelolaan usaha pengolahan telur asin di Kota Mataram (Iskandar Zulkarnain; Abstrak)
  4. Analisis tingkat pendapatan usaha penggemukan sapi potong program kreidit ketahanan pangan (KKP) di Kabupaten Lombok Tengah (Saprudin; Abstrak)
  5. Alokasi sumberdaya pertanian pada sistem usahatani integrasi tanaman ternak di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa (I Made Yudayana; Abstrak)
  6. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program intensifikasi budidaya ikan di perairan Teluk Saleh Kabupaten Dompu (Saldin; Abstrak)
  7. Kandungan kolesterol dan iodium dalam telur Omega yang dihasilkan ayam Arab dengan penambahan rumput laut dan minyak ikan dalam pakan (Uswatun Hasanah; Abstrak)
  8. Manajemen agribisnis dan industri peternakan: Analisis sentra produksi dan pemasaran madu hutan (Asrul Hamdani; Abstrak)
  9. Pengaruh metode budidaya rumput laut terhadap produksi dan pendapatan pembudidayaan di Kabupaten Lombok Tengah (Suniri; Abstrak)
  10. Perbandingan pendapatan dan distribusi pendapatan petani di daerah hulu dan hilir daerah irigasi Mamak Kabupaten Sumbawa (Syahdi Mastar; Abstrak)
  11. Sistem produksi usaha ternak sapi Bali dan kontribusinya terhadap pendapatan keluarga petani di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa (Sudirman; Abstrak)
  12. Studi pola hubungan nelayan dan juragan pada pemasaran udang hasil tangkapan di perairan Teluk Cempi Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu (Serim; Abstrak)
  13. Struktur dan kinerja pemasaran sapi potong Kabupaten Lombok Barat (I Made Ngurah Wirawan; Abstrak).
  14. Turi, gamal, lamtoro dan kelor dalam bentuk hay intisari (Syarifudin; Abstrak)
2008/2009 :
  1. Analisis pendapatan dan efisiensi usaha sapi penggemukan di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat (Sudirman; Abstrak).
  2. Analisis tingkat pendapatan usaha penggemukan sapi potong kredit ketahanan pangan di Kabupaten Lombok Tengah (Saprudin, Abstrak).
  3. Manajemen agribisnis dan industri peternakan: Strategi pengembangan kelembagaan kelompok tani di Kawasan Agropolitan Alas Utan (Khairiman; Abstrak)
  4. Optimasi pemanfaatan lahan usaha dengan integrasi tanaman dan ternak sapi di Unit Pemukiman Transmigrasi Woko Kabupaten Dompu (Irfan; Abstrak)
  5. Pengaruh metode budidaya rumput laut terhadap produksi dan pendapatan pembudidayaan di Kabupaten Lombok Tengah (Suniri; Abstrak)
  6. Studi kelayakan investasi agribisnis ternak kambing peranakan Etawah di Kabupaten Lombok Barat (Nyoman Sembah; Abstrak)
  7. Studi kelayakan pengembangan usaha pengolahan kerupuk kulit di Kota Mataram (Nurtha Dharma Sucaka; Abstrak).
  8. Studi program bantuan pemerintah terhadap status pemilikan sapi Bali pada pemukiman transmigrasi di Kabupaten Berau (I Putu Setion, Abstrak). 
2007/2008 :
  1. Analisis pendapatan RT peserta program hutan kemasyarakatan (HKM) di Kabupaten Lombok Tengah (Lalu Azhar; Abstrak)
  2. Analisis potensi limbah tanaman pangan sebahgai sumber pakan ruminansia di Kabupaten Loteng (Hasanuddin; Abstrak)
  3. Dampak pemberdayaan perempuan dalam program pasticipatory integrated development in rainfed area (PIDRA) terhadap ketahanan pangan RT Petani lahan kering di Kabupaten Sumbawa (I Dewa Ayu Tri S.; Abstrak)
  4. Pendapatan usahatani pagi Gora sistem tanpa olah tanah (TOT) di Kabupaten Lombok Tengah (Masip; Abstrak)
  5. Pengembangan model penanggulangan kemiskinan di tingkat desa: Studi kasus analisis kemiskinan secara parsialpetif di tiga desa di Kabupaten Sumbawa (Ahmad Yani; Abstrak)
  6. Pertumbuhan peded dan sapi Bali yang diberikan pakan tunggal turi, gamal lamtoro dan kelor dalam bentuk Hay (Syarifudin; Abstrak)
  7. Struktur dan kinerja pemasaran sapi Bali di Kabupaten Lombok Barat (I Made Ngurah Wirawan; Abstrak)
  8. Studi sifat-sifat reproduksi sapi Bali hasil inseminasi buatan UBJ dan hasil kawin alam di Kabupaten Lombok Tengah (Jumahir; Abstrak)
2006/2007 :
  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program intensifikasi budidaya ikan di Perairan Teluk Saleh Kabupaten Dompu (Saldin; Abstrak)
  2. Kinerja penyuluh pertanian dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Abdullatif; Abstrak)
  3. Pengaruh formula pakan terhadap produksi ayam Arab dengan sistem pemeliharaan secara intensif (Muhammad Safii; Abstrak)
  4. Studi pola hubungan nelayan dan juragan pada pemasaran udang hasil tangkapan di Perairan Cempi Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu (Serim; Abstrak)
< ke atas > < kembali >